Kesehatan Reproduksi Remaja

Pada laki-laki dewasa pubertas dimulai dengan perubahan suara lebih berat, pembesaran genetalia ekdterna tampil bulu diatas muka. Pada wanita ditandai dengan menstruasi pertama ( menarche ) uterus dan vagina membesar, buah dada membesar serta jaringan ikat dan saluran darah bertambah, sifat kelamin skunder tampil, lengkung tubuh berkembang, adanya bulu ketiak dan pulbis pelvis Malabar, Perubahan penting terjadi pada usia remaja dimana jiwa dan raganya menjadi matang.


Organ reproduksi yang membentuk apa yang dikenal sebagai traktus denetalis yang berkembang, setelah traktus urinarius. Kelainan pada laki-laki maupun perempuan sememjak lahir sudah dapat ditentukan, Tetapi sifat-sifat kelamin belum dapat dikenal, sel produksi berkembang disebelah depan ginjal yang tumbuh sebagai koloni-koloni sel kemudian membentuk kelenjar reroduksi, Perkembangan sifat terjadi pada umur 10-14 tahun.
Perubahan penting terjadi pada usia remaja dimana jiwa dan raganya menjadi matang. Ovarium : Merupakan kelenjar berbentuk buah kenari terletak kiri dan kanan, uterus di bawah tuba uterina. Dan terikat disebelah belakang oleh ligamentum latum uterus. Setiap bulan sebuah folikelberkembang dan sebuah ovum di lepaskan pada saat, kira-kira pertengahan ( hari ke 14 ) siklus mentruasi.

Ovulasi yaitu pematanganfolikel graaf dan mengeluarkan ovum. Bila folikel graf robek maka terjadi pendarahan yang kemudian terjadi pengumpalan darah pada ruang folikel. Overium mempunyai 3 fungsi : Memproduksi Ovum, Memproduksi Hormon Estrogen, Memproduksi Progesteron.

Untuk file lengkapnya silahkan anda download pada tautan di bawah ini :
Password : makalahkeperawatanku

No comments :

Post a Comment