Sekilas Tentang Kanker Lambung

Karsinoma lambung merupakan bentuk neoplasma lambung yang paling sering terjadi dan merupakan sekitar 5% semua kematian kanker, Laki-laki lebih banyak terserang dan sebagain besar kasus terjadi setelah usia 40 tahun. 

Penyebab kanker lambung tidak diketahui, tetapi dikenal faktor-faktor predesposisi tertentu. Faktor genetik tampaknya penting, karena kanker lambung lebih sering pada orang dengan golongan darah A. Faktor geografis dan linkungan tampaknya penting, karena kanker lambung sangat sering terjadi di Jepang, Chili, dan Islandia. Karena alasan yang tidak diketahui, kanker lambung di Amerika sudah berkurang jumlahnya.Kanker lambung lebih sering terjadi pada golongan sosial ekonomi rendah. Salah satu faktor predisposisi yang paling penting adalah gastritis atrofik atau anemia pernisiousa seperti yang telah dibicarakan sebelumnya.


Terdapat tiga bentuk umum karsinoma lambung yaitu :
  1. Karsinoma Ulseratif merupakan jenis yang paling sering terdapat dan harus dibedakan dari tukak lambung jinak.
  2. Karsinoma Polipoid tampak seperti kembang kol yang menonjol ke dalam lumen dan dapat berasal dari polip adenoma.
  3. Karsinoma Infiltratif dapat menembus seluruh tebal dinding lambung dan bertanggung jawab akan adanya " leather bottle stomach".
Karsinoma lambung jarang di diagnosis pada stadium dini karena gejala-gejala timbul lambat atau tidak nyata dan tidak pasti. Gejala-gejala dini dapat berupa perasaan tidak enak ringan pada abdomen bagian atas atau perasaan penuh setelah makan. akhirnya terdapat anoreksia dan penurunan berat badan. bila tumor terletak dekat kardia, disfagia mungkin merupakan gejala pertama yang utama.

Muntah akibat obstruksi pilorus dapat terjadi bila tumor terletak dekat pintu keluar lambung. Pemeriksaan radiologis, sitologi eksfoliatif, dan endoskopi disertai biopso, semuanya merupakan cara diagnosis kanker lambung yang penting.

1 comment :