Sistem Respirasi Manusia

Respirasi pada manusia adalah proses keluar masuknya oksigen keparu-paru yang selanjutnya diteruskan keseluruh tubuh melalui darah.manusia memiliki alat respirasi yang berperan sebagai perantara antara lingkunagn luar (alam bebas) dengan lingkungan dalam (cairan interseluler).

Proses respirasi pada manusia dibagi 2, yaitu :
  1. Inspirasi:Proses masuknya oksigen dari hidung menuju keparu-paru yang selanjutnya diteruskan oleh darah keseluruh tubuh.
  2. Ekspirasi:Proses keluarnya karbodioksida dari tubuh melewati hidung.
Pernapasan terbagi 2 yaitu :

  1. Pernapasan  dada Tulang rusuk,otot tulang rusuk,dan tulang dada kontraksi sehingga mengakibatkan volume besar tekanan kecil udara luar masuk
  2. pernapasan perutOtot perut berkontraksi sehingga diafragma melengkung,volume besar tekanan kecil udara dari luar masuk.
Alat-alat respirasi manusia
Hidung. Tempat dimana udara (oksigen) pertama kali masuk. dihidung terdapat rambut-rambut hidung yang berfungsi untuk menyaring debu atau kotoran, dan selaput lendir untuk mengatur suhu udara pernapasan
Tekak. Merupakan rongga persimpangan antara saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan saluran kerongga hidung.didalam tekak terdapat epiglotis yang berfungsi untuk menjaga agar makanan tidak masuk kesaluran pernapasan
Laring. Pada bagian ini ditemukan pita suara yang berfungsi untuk memberi warna suara pada manusia
Trakea. Terdiri dari 3 lapisan epitel (bersilia dan berlendir) merupakan lapisan paling dalam, lapisan tulang rawan (berupa cincin tulang rawan) denagn otot polosnya, merupakan lapisan bagian tengahnya, dan lapisan terluarnya adalah jaringan ikat.
Brocnhus. Bronchus merupakan percabangan 2 dari trakea yang nantinya juga bercabang menjadi bronkiolus. dibronchus tidak terdapat cincin tulang rawan tapi hanya ditemukan jaringan ikat dan otot polos.
Bronkiolus. adalah cabang dari bronchus yang berujung pada saluran alveolus  .saluran ini berada dikantung alveolus.
Alveolus. Alveolus  terdapat didalam kantung alveolus yang mana dalam setiap kantong alveolus berisis banyak alveolus.dinding alveolus sangat tipis dan elastis, berbentuk bola, dan pada permukaannya banyak terdapat pembuluh kapiler sehingga proses pertukaran gas berlangsung disini.
Paru-Paru. Merupakan organ pernapasan utama, yang dibungkus oleh selaput pleura dan yang emnyelimuti paru-paru scara langsung disebut visceral pleura dan yang menyelimuti rongga dada disebut parietal pleura. Dan diantara k2 selaput tersebut terisi cairan yang berfungsi melindungi paru-paru dari gesekan ketika paru-paru kembang kempis

Beberapa Kelainan Sistem Respirasi Pada Manusia
Influenza. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. dengan gejala antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin dan tenggorokan gatal.
Asma. Merupakan suatu penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu, atau tekanan psikologis. asma bersifat menurun.
TBC / Tuberculosis. Penyakit paru-paru yang diakibatkan serangan bakteri mycobacterium tubercolosis. sehingga difusi  oksigeb menjadi sulit dikarenakan adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus.
Rinitis. Gangguan radang pada hidung akibat infeksi oleh virus tapim juga bisa dikarenakan reaksi alergi terhadap cuaca,serbuk sari,dan debu.
Sinusitis. Peradangan pada sinus yang yang didalamnya terkumpul nanah.
Wajah Adenoid. Pembengkakan kelenjar limfe pada sekitar tekak dan hidung yang mempersempit jalan nafas. penderita biasanya lebih suka bernapas lewat mulut.
Faringitis. Radang pada faring akibat infeksi oleh bakteri streptococcus.
Pleuritis. Merupakan radang pada selaput pembungkus paru-paru atau disebut pleura.
Laringitis. Radang pada laring yang disebabkan oleh infeksi,terlalu banyak merokok,minum alkohol, dan terlalu banyak serak.
Bronkitis. Radang pada cabang tenggorokan akibat infeksi
Asikfikasi. Gangguan pernapasan pada waktu pengangkutan dan penggunaan oksigen yang disebabkan oleh tenggelam (akibat alveolus terisi air),  pneunomia (alveolus terisi cairan lendir atau limfe), keracunan CO dan HCN, atau gangguan sistem sitokrom (enzim pernapasan).
Asidosis. Kenaikan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah,sehingga pernapasan terganggu.
Emfisema. Penyakit pembengkakan karena pembuluh darahnya kemasukan udara
Pneumonia. Penyakit infeksi yang disebabkkan oleh virus atau bakteri pada alveolus yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru
Kanker Paru-Paru. Kanker paru-paru sangat berpengaruh terhadap pertukaran gas keseluruh tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh kebanyakan meroko, menghirup asap rokok, debu asbes, radiasi ionisasi, produk petrolium, dan kromium.

No comments :

Post a Comment