Keperawatan Kesehatan Komunitas

Keperawatan komunitas adalah pelayanan keperawatan profesional yang ditujukan pada masyarakat dengan penekanan kelompok resiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan optimal melalui peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemeliharaan dan rehabilitasi dengan menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan melibatkan klien sebagai mitra dalam perencanaan pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan keperawatan (CHS, 1997).
Menurut WHO (1959) Keperawatan Komunitas adalah Lapangan perawatan khusus yang merupakan gabungan ketrampilan ilmu keperawatan,ilmu kesehatan masyarakat dan bantuan sosial, sebagai bagian dari program kesehatan masyarakat secara keseluruhan guna meningkatkan kesehatan, penyempurnaan kondisi sosial, perbaikan lingkungan fisik, rehabilitasi, pencegahan penyakit dan bahaya yang lebih besar, ditujukan kepada individu, keluarga, yang mempunyai masalah dimana hl itu mempengaruhi masyarakat secara keseluruhan.


Menurut American Nursing Association (ANA) : Suatu sintesa dari praktik kesehatan masyarakat yang diterapkan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat
Menurut Badan Kerja Keperawatan Kesehatan Masyarakat : Suatu bidang dalam keperawatan yang merupakan perpaduan antara keperawatan dan kesehatan masyarakat dengan dukungan peranserta aktif masyarakat.

Azrul Azwar (2000) mendefinisikan ketiga kata Keperawatan Kesehatan Komunitas tersebut sebagai :
  1. Keperawatan adalah ilmu yang mempelajari penyimpangan atau tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yang dapat mempengaruhi perubahan, penyimpangan atau tidak berfungsinya secara optimal setiap unit yang terdapat dalam sistem hayati tubuh manusia, balk secara individu, keluarga, ataupun masyarakat dan ekosistem.
  2. Kesehatan adalah ilmu yang mempelajari masalah kesehatan manusia mulai dari tingkat individu sampai tingkat ekoƂ¬sistem serta perbaikan fungsi setiap unit dalam sistem hayati tubuh manusia mulai dari tingkat sub sampai dengan tingkat sistem tubuh.
  3. Komunitas adalah sekelompok manusia yang saling berhubungan lebih sering dibandingkan dengan manusia lain yang berada diluarnya serta saling ketergantungan untuk memenuhi keperluan barang dan jasa yang penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari.
Asumsi Dasar Keperawatan Kesehatan Komunitas :
  • Sistem pelayanan kesehatan bersifat kompleks
  • Pelayanan kesehatan primer, sekunder & tersier, merupakan komponen sistem pelayanan kesehatan
  • Keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan dengan menggunakan  pendidikan & penelitian/evidence based practice termasuk keunikkan budaya setempat sebagai landasan praktik keperawatan.
  • Fokus pada keperawatan primer

Fungsi Proses Keperawatan Komunitas:
  • Memberikan pedoman yang sistematis dan ilmiah bagi tenaga kesehatan masyarakat dan keperawatan dalam memecahkan masalah klien melalui asuhan keperawatan.
  • Agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal sesuai dengan kebutuhannya.
  • Memberikan asuhan keperawatan melalui pendekatan pemecahan masalah, komunikasi yang efektif dan efisien serta melibatkan peran serta masyarakat.
  • Agar masayarakat bebas mengemukakan pendapat berkaitan dengan permasalahan atau kebutuhannya, sehingga mendapat pelayanan yang cepat agar mempercepat proses penyembuhan.
Tujuan Keperawatan Kesehatan Komunitas :
Untuk pencegahan & peningkatan kesehatan masyarakat melalui upaya pelayanan keperawatan secara langsung (direct care) terhadap individu, keluarga, kelompok dalam konteks masyarakat, Perhatian langsung terhadap kesehatan seluruh masyarakat (health general community) dengan mempertimbangkan permasalahan kesehatan masyarakat yang dapat mempengaruhi keluarga,individu, & kelompok. Selanjutnya secara spesifik diharapkan individu,kelompok, masyarakat mempunyai kemampuan mengidentifikasi sampai evaluasi pemecahan masalah yang akhirnya meningkatkaa kemampuan memelihara kesehatan secara mandiri (self care).

No comments :

Post a Comment